Kota Bontang Tuan Rumah Raker Kehumasan 2017, Fokus Antisipasi Berita Hoax

SAMARINDA–Kota Bontang akan menjadi tuan rumah Rapat Kerja (Raker) Kehumasan Kaltim 2017. Kegiatan ini akan dibuka Sekretaris Provinsi Kaltim Dr H Rusmadi, Rabu (29/3) dan mengangkat tema  “Peran Humas dalam Membangun Informasi Sehat bagi Masyarakat”.

Kepala Biro Humas Setprov Kaltim yang juga ketua panitia kegiatan ini, Tri Murti Rahayu mengatakan raker selama dua hari dibuka Sekprov Kaltim dan membahas upaya antisipasi informasi hoax atau berita bohong.

 “Raker ini untuk membangun komunikasi jajaran Humas kabupaten/kota dengan provinsi, sehingga mampu memberikan informasi tepat, akurat dan sehat kepada masyarakat, sekaligus menangkal informasi hoax,” katanya.

Kegiatan ini akan menghadirkan Kabag Penum Divisi Humas Mabes Polri Kombes (Pol) Martinus Sitompul dengan materi “Upaya Kepolisian Untuk Membendung  Berita Hoax dan Ancaman Bagi Pembuatnya”.

Pemateri lainnya ujar Tri, antara lain Anggota Dewan Pers Jimmy Silalahi dengan tajuk yang akan diangkat “Dewan Pers, Humas, dan Informasi Sehat Untuk Masyarakat”. Selain itu juga akan hadir Staf Ahli Bidang Hukum dan Hubungan Internasional Sekretariat Kabinet dengan materi Tantangan Kerjasama Internasional Kehumasan.

Tri menjelaskan keberadaan petugas Humas di lingkungan pemerintah kian diperhitungkan seiring dengan tantangan yang semakin kompleks terhadap tugas kehumasan.

Apalagi lanjutnya, akhir-akhir ini pemerintah bahkan sejumlah negara terus disibukkan dengan fenomena hoax yang banyak disebarkan melalui media sosial.

“Berkaca dari hal itu. Kami memandang perlu membahas masalah ini guna memperkuat peran Humas daerah khusunya di Kaltim untuk bersinergi menyampaikan  informasi akurat, tepat dan sehat  dari pemerintah kepada rakyat,” ungkap Tri Murti.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>