Seminar Restorasi Air Memperingati Hari Air Sedunia

SAMARINDA – Menyukseskan peringatan Hari Air se-Dunia 22 Maret 2017, Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak mengajak masyarakat Bumi Etam lebih mencintai sungai.

“Saya mengajak semua terlibat dalam kegiatan ini. Kita akan gelar apel akbar lalu dilanjutkan dengan aksi bersih-bersih Sungai Karang Mumus. Para Bupati dan Walikota saya ajak juga melaksanakan hal yang sama di masing-masing daerah,” kata Awang Faroek Ishak saat membuka Seminar Restorasi Air Memperingati Hari Air seDunia di Kantor Gubernur Kaltim yang digagas oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Direktorat Jenderal Sumber Daya Air Balai Wilayah Sungai Kalimantan III, Selasa (14/3).

Awang mengatakan, melalui gerakan tersebut pemerintah bersama masyarakat berupaya menata kembali DAS Kaltim. Sehingga, luapan anak-anak sungai yang mengakibatkan banjir di wilayah bantaran sungai hingga masuk permukiman penduduk tidak kembali terjadi, terutama di ibukota provinsi, Samarinda.

Sejumlah titik lokasi yang akan ditengok setelah apel akbar nanti adalah anak sungai Karang Asam Kecil, Karang Asam Besar, Rapak Mahang hingga Loa Janan.

“Kita fokus di DAS saja dulu. Jadi, setelah apel akbar. Kita langsung bergerak ke titik-titik tersebut. Setelah melihat dan mengetahui kondisi di lapangan, barulah kita gotong royong membenahi masalah yang selalu menjadi penyebab banjir ini,” bebernya.

Awang meyakini, upaya tersebut akan mengurangi volume banjir. Karena itu, dia sangat  berharap agar para Bupati dan Walikota benar-benar lebih serius untuk mengatasi permasalahan tersebut.

“Jangan hanya gubernur yang turun. Bupati dan Walikota juga harus turun. Peringatan Hari Air ini jangan sekadar acara seremonial. Mengapa demikian, karena dengan memelihara lingkungan dengan baik, khususnya di lokasi DAS, maka aliran air akan semakin baik dan kualitas air juga baik. Masyarakat pun tidak lagi membuang sampah ke sungai dan mandi atau buang air besar di sungai. Dengan begitu kualitas air kita akan semakin baik,” jelasnya.

Apel akbar peringatan Hari Air seDunia rencananya akan dilaksanakan di Stadion Madya Sempaja Samarinda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>