Simulasi Pemadam Kebakaran Pada Peringatan Hari Kesiapsiagaan Nasional di Kantor Gubernur Kaltim

SAMARINDA – Tepat pukul 10.00 wita, sirine pemadam kebakaran nyaring terdengar ditelinga ratusan pegawai di Lingkungn Setprov Kaltim atau Kantor Gubernur Kaltim, Rabu (26/4). Akibatnya, ratusan pegawai di lingkungan Kantor Gubernur bergegas keluar untuk menyelamatkan diri sesuai tempat yang telah disiapkan para petugas Pemadam Kebakaran (PMK), baik dari Pemkot Samarinda maupun Satpol PP Provinsi Kaltim.

Dari suara sirine tersebut akhirnya seluruh pegawai di Lingkungan Kantor Gubernur berkumpul di Halaman Upacara Kantor Gubernur guna menyaksikan petugas PMK mengevakuasi korban yang tertinggal di dalam ruang lantai empat Kantor Gubernur Kaltim, kemudian dibawa ke rumah sakit terdekat menggunakan ambulance untuk mendapatkan pertolongan pertama. Itulah simulasi kebakaran yang digelar Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kaltim bekerja sama dengan Biro Umum Setprov Kaltim dan Satpol PP Provinsi Kaltim dan PMK Kota Samarinda di Kantor Gubernur Kaltim.

Kegiatan tersebut tidak lain guna menyukseskan peringatan Hari Kesiapsiagaan Nasional yang tahun ini digelar di Kantor Gubernur Kaltim. Kepala BPBD Kaltim Chairil Anwar didampingi Kepala Biro Umum Setprov Kaltim S Adiyat mengatakan simulasi tersebut tidak lain untuk menyadarkan masyarakat khususnya para pegawai untuk siaga ketika terjadi kebakaran.

“Kita harapkan para pegawai mengetahui bagaimana cara pencegahan ketika terjadi bencana contohnya kebakaran. Setidaknya sudah paham apa yang harus dilakukan ketika terjadi bencana khususnya kebakaran, baik ketika di ruang kerja maupun di tempat tinggal,” kata Chairil Anwar usai Simulasi Kebakaran di Kantor Gubernur Kaltim.

Mengkampanyekan kesiapsiagaan tersebut. Maka dilaksanakan simulasi kebakaran yang dipusatkan di Kantor Gubernur Kaltim.

Namun demikian, pencegahan dan kewaspadaan terhadap bencana kebakaran bukan hanya pada saat simulasi, tetapi setiap hari wajib dilaksanakan oleh masyarakat khususnya pegawai.

“Kami bersyukur penyelenggaraan ini berjalan lancar dan para pegawai juga tertib mengikuti aturan yang telah kami sampaikan sebelum simulasi dilaksanakan,” jelasnya.

Kepala Biro Umum Setprov Kaltim H S Adiyat mengatakan program ini pertama kali dilaksanakan di Kantor Gubernur Kaltim. Meski simulasi tetapi diharapkan seluruh pegawai di Lingkungan Setprov Kaltim dapat memahami bagaimana cara mengatasi kejadian kebakaran di lingkungan sekitar khususnya di tempat kerja.

“Pelaksanaan ini bukan hanya dilaksanakan di Kaltim saja. Di Provinsi lain sebagian juga melaksanakan peringatan kesiapsiagaan. Dengan melaksanakan simulasi kebakaran di masing-masing Kantor Gubernur,” jelasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>