Bimtek Penerapan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah Tahun 2011

Pada hari Rabu dan Kamis  tanggal 16 -17 Februari 2011 telah dilaksanakan BIMTEK Penerapan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah Tahun 2011 di Provinsi Kalimantan Timur.  Bimtek tersebut dilaksanakan di ruang rapat Tepian I Lantai 2 Kantor Gubernur Kaltim dan Kantor Kesbangpol Prov Kaltim , dihadiri oleh Seluruh SKPD di Lingkungan Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur serta seluruh Kabupaten / Kota se Kalimantan Timur. Acara tersebut dibuka oleh Bapak Drs.H. Mariansyah, MMT selaku Kepala Biro Organisasi Setda Prov Kaltim didampingi Oleh Kabag AKIP Biro Organisasi Ibu Hj. Noryani Sorayalita,SE,MMT.

Pada  Acara tersebut yang menjadi nara sumber adalah dari Kedeputian Bidang Akuntabilitas Apratur Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokasi.

Pada hari pertama tanggal 16 Februari 2011 Bimtek diadakan di ruang rapat Tepian 1 Lantai 2 Kantor Gubernur, dan pada acara tersebut Nara sumber menjelaskan materi mengenai Alur Pengisian Formulir Baru untuk Penyusunan Renstra, Rencana Kerja Tahunan (RKT),Rencana Kerja  Anggaran (RKA), Penetapan Kinerja (PK), Pengukuran Kinerja dan LAKIP. Penyusunan serta pengisian Formulir baru tersebut didasarkan pada Peraturan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara Dan Reformasi Birokrasi Nomor 29 Tahun 2010 Tentang Pedoman Penyusunan Penetapan Kinerja Dan Pelaporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah.

Latar Belakang dari PERMENPAN Nomor 29 Tahun 2010 tersebut adalah

  • SK Kepala LAN Nomor 239 Tahun 2003 sudah terlalu lama;
  • Perubahan beberapa peraturan perundang-undangan terkait dengan perencanaan, penganggaran dan pelaporan;
  • Mengimplementasikan SAKIP dalam manajemen pemerintahan, bukan sekedar formalitas

 

Pada hari kedua tanggal 17 Februari 2011 Bimtek diadakan di ruang rapat gedung Kesbangpol Prov. Kaltim dengan materi mengevaluasi dan praktek langsung cara pengisian dan penyusunan Rencana Kerja Tahunan (RKT),Rencana Kerja  Anggaran (RKA), Penetapan Kinerja (PK), Pengukuran Kinerja dan LAKIP dan SKPD yang menjadi sample atau contoh Penyusunan tersebut yaitu dari Dinas Pekerjaan Umum (PU) Prov. Kaltim dan dari Dinas Kesehatan Prov. Kaltim, dengan mengevaluasi dan praktek langsung terhadap Penyusunan LAKIP kepada Dinas PU dan Dinas Kesehatan diharapkan agar Peserta Bimtek yang hadir dapat mengertahui atau mengerti bagaimana cara penyusunan Rencana Kerja Tahunan (RKT),Rencana Kerja  Anggaran (RKA), Penetapan Kinerja (PK), Pengukuran Kinerja serta penyusunan LAKIP dengan benar dan tepat.

Adapun contoh format Penetapan Kinerja, Pengukuran Kinerja dan Rencana Kerja Tahunan (RKT) dapat di Download dipermen 29 thn 2010 ttg lakip 2010

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>