Kerjasama Pembangunan Daerah Ditanda Tangani Antara Kaltim – Jabar – Kepulauan Riau

 

 

Oleh : Fuad Asaddin, Ir.,M.Si.

Pada akhir September 2010 yang lalu, Pemerintah Provinsi menanda tangani Kesepakatan bersama Kerjasama Daerah dengan Provinsi Jawa Barat, dan Provinsi Kepulauan Riau. Kesepakatan Bersama ini diharapkan dapat berlangsung selama 1(satu) tahun kedepan. Kesepakatan Bersama ini menjadi dasar bagi Penyusunan Kesepakatan Kerja dalam beberapa tahun kedepan, oleh SKPD terkait. Penanda tanganan kesepakatan tersebut di lakukan, dalam rangka penyelenggaraan kerjasama penanggulangan human trafficking antar daerah. Seiring dengan pelaksanaan sector tersebut, sekaligus dilaksanakan pula kerjasama sector-sektor lainnya. Penanda tanganan naskah kerjasama tersebut dilakukan oleh Asisten III, Bapak Drs. H. Sutarnyoto, M.Kes. mewakili Gubernur Kalimantan Timur di Istana Wakil Presiden di Jakarta. Kecuali Gubernur Jawa Barat yang berkenan hadir, Provinsi Riau juga diwakili oleh Asisten Pemerintahan Sekretariat Daerah Provinsi Riau.   

Tujuan kerjasama daerah ini adalah mengoptimalkan pemanfaatan sumber daya yang dimiliki oleh masing-masing daerah, untuk meningkatkan pelayanan public guna mendorong perkembangan ekonomi dan peningkatan kesejahteraan daerah masing-masing.

Pada saat ini kerjasama dibeberapa sector antara Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur dengan Pemerintah Provinsi Jawa Barat telah berlangsung, diantaranya adalah penanggulangan human trafficking, dan ketenagakerjaan serta transmigrasi. Secara keseluruhan lingkup Kesepakatan bersama antara Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur dan Jawa Barat meliputi Bidang-bidang Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UMKM; Pertanian; Pariwisata; Ketenagakerjaan dan Transmigrasi; Pendidikan; Pertambangan, energy dan sumberdaya mineral; penanaman modal, kearsipan; pemberdayaan perempuan dan keluarga berencana; kepegawaian daerah, dan bidang-bidang lainnya yang disepakati bersama. 

Sedangkan Kesepakatan Bersama antara Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur dengan Provinsi Kepulauan Riau meliputi : Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UMKM; Perikanan dan Kelautan; Penanaman Modal; Sosial; Pemberdayaan Perempuan dan keluarga Berencana; Pariwisata dan Kebudayaan; Pendidikan; dan Bidang-bidang lainnya. Kesepakatan ini mengawali kerjasama antara Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur dengan Provinsi Kepulauan Riau.

Setelah ditandatngani oleh semua Gubernur Provinsi, selain Gubernur Jawa Barat yang telah berkenan hadir dan menandatangani dokumen kesepakatan diatas, diharapkan dokumen Kesepakatan Bersama ini dapat segera ditindak lanjuti dengan Kesepakatan Kerjasama, dan Program dan kegiatan sektoral yang disepakati bersama dapat dilakukan/direalisasikan dimasa yang akan datang. Fuad Asaddin, Ir.,M.Si. Kepala Biro Perbatasan, Penataan Wilayah dan Kerjasama Sekretariat Daerah Provinsi Kalimantan Timur.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>