SOSIALISASI PERDA NO 4 TAHUN 2012 DAN BIMTEK PEMBENTUKAN PRODUK HUKUM DAERAH

Balikpapan – Biro Hukum Sekretariat Provinsi Kalimantan Timur pada tanggal 20 dan 21 Mei 2013 menyelenggarakan acara sosialisasi Perda No 4 Tahun 2012 dan Bimbingan Teknis Pembentukan Produk Hukum daerah di Hotel Le Grandeur di Balikpapan selama 2 hari.

Pada hari pertama dilaksanakan sosialisasi Perda. Adapun yang disosialisasikan adalah Perda No 4 Tahun 2012 tentang Pemberdayaan Koperasi, Usaha Mikro, Kecil dan Menengah dengan tema mewujudkan Koperasi, Usaha Mikro Kecil dan Menengah menjadi Lembaga yang Tumbuh dan Berkembang secara Sehat, Tangguh dan Mandiri dengan Tingkat Daya Saing yang Tinggi sehingga dapat berperan sebagai Pelaku Utama dalam Perekonomian Daerah. Maksud dan tujuan dilaksanakannya kegiatan Sosialisasi ini adalah :

Untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman Aparatur Pemerintah, Koperasi dan UMKM di Provinsi Kalimantan Timur yang berkenaan dengan Pemberdayaan Koperasi dan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah sehingga mampu menjadi urat nadi perekonomian dan
Untuk menyamakan persepsi berkaitan dengan Peraturan Daerah Provinsi Kalimantan Timur Nomor 4 Tahun 2012 Tentang Pemberdayaan Koperasi dan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah.

Sebagai nara sumber adalah Bapak H. Suroto, SH Kepala Biro Hukum Sekretariat Provinsi Kalimantan Timur, Ibu Henny Purwanigsih dari Dinas Perindustrian Koperasi dan UMKM Provinsi Kalimantan Timur. Peserta yang diundang pada acara sosialisasi ini adalah pengurus dan anggota Koperasi dan UMKM yang bedomisili di Balikpapan

Pada hari kedua dilaksanakan Bimbingan teknis pembentukan produk hukum daerah yang terkait dengan tugas dan fungsi aparatur pemerintah dilingkungan Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur. Maksud dan tujuan dilaksanakannya kegiatan bimbingan teknis ini adalah:

Untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman Aparatur Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur dalam hal Penyusunan Produk Hukum Daerah baik itu Peraturan Daerah, Peraturan Kepala Daerah, Peraturan Bersama Kepala Daerah, dan Keputusan Kepala Daerah.
Untuk memudahkan kelancaran proses Penyusunan Produk Hukum Daerah dalam rangka Penyelenggaraan Pemerintah Daerah dan Pembangunan Masyarakat bagi Aparatur disetiap SKPD Provinsi Kalimantan Timur.
Untuk menyamakan persepsi berkaitan dengan Penyusunan Produk Hukum Daerah yang didasarkan pada Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2011 tentang Pembentukan Peraturan Perundang-undangan yang ditindaklanjuti dengan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 53 Tahun 2011 tentang Pembentukan Produk Hukum Daerah.

Peserta yang diundang pada acara bimtek ini adalah aparatur pemerintah dilingkungan Provinsi Kaliamantan Timur. Sebagai nara sumber pada bimbingan teknis ini Bapak Mukhamin, SH, Kepala Sub Direktorat Fasilitasi Perancangan Peraturan Daerah Wilayah II Direktorat Fasilitasi Perancangan Peraturan Daerah Direktorat Jenderal Peraturan Perundang Undangan.

Dengan bimbingan teknis ini diharapkan dapat meningkatkan kemampuan aparatur dilingkungan Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur dalam menyusun ketentuan-ketentuan hukum yang baik, representatif dan akurat serta memberikan dampak terhadap perbaikan kualitas produk hukum di Provinsi Kalimantan Timur, dan diharapkan jangan sampai ada produk hukum yang dihasilkan oleh pemerintah Provinsi Kalimantan Timur tidak sesuai dengan ketentuan dan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Pelaksanaan kegiatan bimtek ini diharapkan dapat diikuti oleh seluruh aparatur pemerintah dilingkungan pemerintah Provinsi Kalimantan Timur.(Admin-Biro Hukum)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>